STANDAR PELAYANAN
LABORATORIUM KESEHATAN MASYARAKAT
(PEMERIKSAAN BIOLOGI AIR MINUM)
PADA LABKESDA KABUPATEN PASURUAN
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
PENYAMPAIAN LAYANAN |
||
1. |
Persyaratan |
1. Identitas Customer 2. Permohonan pemeriksaan laboratorium 3. QR Survey Kepuasan Masyarakat |
2. |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur
|
|
3. |
Jangka Waktu Pelayanan |
10 Hari Kerja |
4. |
Biaya / Tarif |
Peraturan Daerah Kabupaten Pasuruan Nomor 3 Tahun 2023 Tentang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah |
5. |
Produk Pelayanan |
Laporan Hasil Pemeriksaan Biologi Air Minum |
6. |
Penanganan Pangaduan, Saran dan Masukan / Apresiasi |
UPT LABKESDA KABUPATEN PASURUAN Jl. DR. SOETOMO No. 101 Bangil Telp. (0343) 424260 Email : labkesdakab.pas@gmail.com |
|
STANDAR PELAYANAN
LABORATORIUM KESEHATAN MASYARAKAT
(PEMERIKSAAN BIOLOGI KOLAM RENANG)
PADA LABKESDA KABUPATEN PASURUAN
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
PENYAMPAIAN LAYANAN |
||
1. |
Persyaratan |
1. Identitas Customer 2. Permohonan pemeriksaan laboratorium 3. QR Survey Kepuasan Masyarakat |
2. |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur
|
|
3. |
Jangka Waktu Pelayanan |
10 Hari Kerja |
4. |
Biaya / Tarif |
Peraturan Daerah Kabupaten Pasuruan Nomor 3 Tahun 2023 Tentang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah |
5. |
Produk Pelayanan |
Laporan Hasil Pemeriksaan Biologi Kolam Renang |
6. |
Penanganan Pangaduan, Saran dan Masukan / Apresiasi |
UPT LABKESDA KABUPATEN PASURUAN Jl. DR. SOETOMO No. 101 Bangil Telp. (0343) 424260 Email : labkesdakab.pas@gmail.com |
|
STANDAR
PELAYANAN
LABORATORIUM KESEHATAN MASYARAKAT
(PEMERIKSAAN KIMIA FISIKA AIR KOLAM RENANG)
PADA LABKESDA KABUPATEN PASURUAN
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
PENYAMPAIAN LAYANAN |
||
1. |
Persyaratan |
1. Identitas Customer 2. Permohonan pemeriksaan laboratorium 3. QR Survey Kepuasan Masyarakat |
2. |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur
|
|
3. |
Jangka Waktu Pelayanan |
10 Hari Kerja |
4. |
Biaya / Tarif |
Peraturan Daerah Kabupaten Pasuruan Nomor 3 Tahun 2023 Tentang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah |
5. |
Produk Pelayanan |
Laporan Hasil Pemeriksaan Fisika Kimia Air Kolam Renang |
6. |
Penanganan Pangaduan, Saran dan Masukan / Apresiasi |
UPT LABKESDA KABUPATEN PASURUAN Jl. DR. SOETOMO No. 101 Bangil Telp. (0343) 424260 Email : labkesdakab.pas@gmail.com |
|
STANDAR PELAYANAN
LABORATORIUM KESEHATAN MASYARAKAT
(PEMERIKSAAN KIMIA FISIKA AIR MINUM)
PADA LABKESDA KABUPATEN PASURUAN
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
PENYAMPAIAN LAYANAN |
||
1. |
Persyaratan |
1. Identitas Customer 2. Permohonan pemeriksaan laboratorium 3. QR Survey Kepuasan Masyarakat |
2. |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur
|
|
3. |
Jangka Waktu Pelayanan |
10 Hari Kerja |
4. |
Biaya / Tarif |
Peraturan Daerah Kabupaten Pasuruan Nomor 3 Tahun 2023 Tentang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah |
5. |
Produk Pelayanan |
Laporan Hasil Pemeriksaan Kimia Fisika Air Minum |
6. |
Penanganan Pangaduan, Saran dan Masukan / Apresiasi |
UPT LABKESDA KABUPATEN PASURUAN Jl. DR. SOETOMO No. 101 Bangil Telp. (0343) 424260 Email : labkesdakab.pas@gmail.com |
|
STANDAR PELAYANAN
LABORATORIUM KESEHATAN MASYARAKAT
(PEMERIKSAAN USAP ALAT)
PADA LABKESDA KABUPATEN PASURUAN
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
PENYAMPAIAN LAYANAN |
||
1. |
Persyaratan |
1. Identitas Customer 2. Permohonan pemeriksaan laboratorium 3. QR Survey Kepuasan Masyarakat |
2. |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur
|
|
3. |
Jangka Waktu Pelayanan |
10 Hari Kerja |
4. |
Biaya / Tarif |
Peraturan Daerah Kabupaten Pasuruan Nomor 3 Tahun 2023 Tentang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah |
5. |
Produk Pelayanan |
Laporan Hasil Pemeriksaan Usap alat |
6. |
Penanganan Pangaduan, Saran dan Masukan / Apresiasi |
UPT LABKESDA KABUPATEN PASURUAN Jl. DR. SOETOMO No. 101 Bangil Telp. (0343) 424260 Email : labkesdakab.pas@gmail.com |
PENGELOLAAN PELAYANAN |
||
1. |
Dasar Hukum |
1. Undang - undang Kesehatan No. 14 Tahun 2023 Tentang Kesehatan 2. Permenkes No. 6 Tahun 2024 Tentang Standar Teknis Pemenuhan Standar Pelayanan Minimal Kesehatan 3. Permenkes No. 2 Tahun 2023 Tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah No. 66 Tahun 2014 Tentang Kesehatan Lingkungan 4. Permenkes No. 25 Tahun 2023 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Bidang Laboratorium Kesehatan Masyarakat 5. KMK RI Nomor HK. 01. 07/MENKES/1801/2024 Tentang Standar Laboratorium Kesehatan Masyarakat 6. Peraturan Daerah No. 3 Tahun 2023 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah |
2. |
Sarana dan Prasarana dan/atau Fasilitas |
Pengambilan Sampel 1. Sarung Tangan 2. Masker 3. Alkohol 4. Wadah Sampel Steril 5. Sendok Steril 6. Jurigen Air 7. Cool Box 8. Ice Pax 9. Spiritus dan Korek Api 10. Tissue 11. Kertas Label 12. Pulpen/Spidol Pengujian Sampel 13. Komputer 14. Koloni Counter 15. Smasher Blender 16. Laminar Air Flow 17. Incubator 18. Refrigrator 19. Hotplate 20. Spiritus dan Korek Api 21. Gelas Ukur 22. Erlenmeyer 23. Autoclave 24. Tabung reaksi 25. Batang Pengaduk 26. Reagen dan Media 27. Neraca |
3. |
Kompetensi Pelaksana |
3. Memahami SNI ISO/IEC 17025:2017 tentang Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Penguji dan Laboratorium Kalibrasi 4. Minimal D3 ATLM/Analis Kimia/Biologi |
4. |
Pengawasan Internal |
6. Dilakukan penilaian pegawai denagn sasaran kerja pegawai (SKP) dan penilaian prestasi kerja (PPK) 7. Pelaporan dilakukan secara berkala tiap triwulanan 8. Kepala UPT LABKESDA melakukan pengawasan terhadap sistem, mekanisme, dan prosedur labortatorium klinik 9. Dilakukan pengawasan oleh Tim Mutu UPT Labkesda 10. Koordinator laboratorium lingkungan melakukan verifikasi laporan hasil pemeriksaan |
5. |
Jumlah Pelaksana |
15 orang, terdiri dari : 6. Kepala UPT Labkesda 7. Pranata Laboratorium Kesehatan 8. Pengadministrasi Kantor 9. Operator Layanan Operasional 10. Penata Layanan Operasional |
6. |
Jaminan Pelayanan |
4. Apabila pelayanan tidak sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan maka siap menerima sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan; 5. Informasi diberikan dengan cepat, tepat, lengkap, dan dapat dipertanggung jawabkan. 6. Adanya SDM yang kompeten di bidangnya serta sarana prasarana yang sesuai |
7. |
Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan |
4. Informasi yang disampaikan dijamin kebenarannya dan dapat dipertanggung jawabkan; 5. Petugas yang melaksankan pelayanan telah memenuhi kompetensi yang dibutuhkan; 6. Data laporan hasil pemeriksaan diperoleh dari hasil uji laboratorium yang dilakukan sesuai dengan SPO pemeriksaan. |
8. |
Evaluasi Kinerja Pelaksana |
1. Pemantapan Mutu Internal (PMI) 2. Pemanatapan Mutu Eksternal (PME) 3. Survey Kepuasan Pelanggan 4. Estimasi pengiriman hasil pemeriksaan laboratorium tepat waktu 5. Tidak ada kesalahan dalam menghitung biaya pemeriksaan laboratorium 6. Tidak adanya kejadian kesalahan pengambilan sampel |
STANDAR PELAYANAN
LABORATORIUM KESEHATAN MASYARAKAT
(PEMERIKSAAN KIMIA MAKANAN DAN MINUMAN)
PADA LABKESDA KABUPATEN PASURUAN
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
PENYAMPAIAN LAYANAN |
||
1. |
Persyaratan |
1. Identitas Customer 2. Permohonan pemeriksaan laboratorium 3. QR Survey Kepuasan Masyarakat |
2. |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur
|
|
3. |
Jangka Waktu Pelayanan |
10 Hari Kerja |
4. |
Biaya / Tarif |
Peraturan Daerah Kabupaten Pasuruan Nomor 3 Tahun 2023 Tentang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah |
5. |
Produk Pelayanan |
Laporan Hasil Pemeriksaan Kimia Makanan Minuman |
6. |
Penanganan Pangaduan, Saran dan Masukan / Apresiasi |
UPT LABKESDA KABUPATEN PASURUAN Jl. DR. SOETOMO No. 101 Bangil Telp. (0343) 424260 Email : labkesdakab.pas@gmail.com |
|
STANDAR PELAYANAN
LABORATORIUM KESEHATAN MASYARAKAT
(PEMERIKSAAN BIOLOGI MAKANAN DAN MINUMAN)
PADA LABKESDA KABUPATEN PASURUAN
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
PENYAMPAIAN LAYANAN |
||
1. |
Persyaratan |
1. Identitas Customer 2. Permohonan pemeriksaan laboratorium 3. QR Survey Kepuasan Masyarakat |
2. |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur
|
|
3. |
Jangka Waktu Pelayanan |
10 Hari Kerja |
4. |
Biaya / Tarif |
Peraturan Daerah Kabupaten Pasuruan Nomor 3 Tahun 2023 Tentang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah |
5. |
Produk Pelayanan |
Laporan Hasil Pemeriksaan Biologi Makanan Dan Minuman |
6. |
Penanganan Pangaduan, Saran dan Masukan / Apresiasi |
UPT LABKESDA KABUPATEN PASURUAN Jl. DR. SOETOMO No. 101 Bangil Telp. (0343) 424260 Email : labkesdakab.pas@gmail.com |
|
STANDAR PELAYANAN
LABORATORIUM KESEHATAN MASYARAKAT
(PEMERIKSAAN KIMIA FISIKA AIR BERSIH)
PADA LABKESDA KABUPATEN PASURUAN
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
PENYAMPAIAN LAYANAN |
||
1. |
Persyaratan |
4. Identitas Customer 5. Permohonan pemeriksaan laboratorium 6. QR Survey Kepuasan Masyarakat |
2. |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur
|
|
3. |
Jangka Waktu Pelayanan |
10 Hari Kerja |
4. |
Biaya / Tarif |
Peraturan Daerah Kabupaten Pasuruan Nomor 3 Tahun 2023 Tentang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah |
5. |
Produk Pelayanan |
Laporan Hasil Pemeriksaan Kimia Fisika Air Bersih |
6. |
Penanganan Pangaduan, Saran dan Masukan / Apresiasi |
UPT LABKESDA KABUPATEN PASURUAN Jl. DR. SOETOMO No. 101 Bangil Telp. (0343) 424260 Email : labkesdakab.pas@gmail.com |
|
STANDAR PELAYANAN
LABORATORIUM KESEHATAN MASYARAKAT
(PEMERIKSAAN BIOLOGI AIR BERSIH)
PADA LABKESDA KABUPATEN PASURUAN
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
PENYAMPAIAN LAYANAN |
||
1. |
Persyaratan |
1. Identitas Customer 2. Permohonan pemeriksaan laboratorium 3. QR Survey Kepuasan Masyarakat |
2. |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur
|
|
3. |
Jangka Waktu Pelayanan |
10 Hari Kerja |
4. |
Biaya / Tarif |
Peraturan Daerah Kabupaten Pasuruan Nomor 3 Tahun 2023 Tentang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah |
5. |
Produk Pelayanan |
Laporan Hasil Pemeriksaan Biologi Air Bersih |
6. |
Penanganan Pangaduan, Saran dan Masukan / Apresiasi |
UPT LABKESDA KABUPATEN PASURUAN Jl. DR. SOETOMO No. 101 Bangil Telp. (0343) 424260 Email : labkesdakab.pas@gmail.com |
|